Friday 8 February 2013

rangkuman


RANGKUMAN/RINGKASAN BUKU ILMIAH POPULER

I.                    IDENTITAS SISWA:
Nama                : Fina Idamatussilmi
Kelas                 : 8F
Nomor               : 09
II.                  IDENTITAS BUKU:
1.     Judul buku     : Metode Jitu Meningkatkan Daya Ingat (Memory Power)
2.    Pengarang      : Deasy Harianti
3.    Penerbit         : Tangga Pustaka
4.    Kota terbit    : Jakarta Selatan
5.    Tahun terbit  : 2008
6.    Tebal buku     : 106 halaman

III.                SINOPSIS
Metode Jitu Meningkatkan Daya Ingat (Memory Power)

“Si Hebat” otak yang dimiliki oleh setiap manusia, hanya digunakan kemampuannya 4-5%. Apabila manusia dapat menggunakan kemampuan otak sampai 50%, hasilnya akan fantastis! Kecerdasan seseorang ditentukan oleh jumlah sel otak yang dimiliki, serta seberapa banyak koneksi yang terjadi di antara sel otak. Seringnya penggunaan dan dilatihnya otak, akan meningkatkan koneksi otak kita. Otak ada dua bagian, yaitu kanan dan kiri. Kedua bagian otak, perlu diseimbangkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal.
      Apabila suatu informasi dapat membangkitkan emosi, maka perhatian dan konsentrasi akan bertambah. Hal ini juga akan membuat informasi tersebut disimpan dalam memori otak jangka panjang. Sebenarnya, bertambah usia, bukan menjadi penyebab kepikunan, namun faktor kepikunan dapat terjadi dari: seringnya mengonsumsi obat-obatan tertentu, penyakit, gizi yang kurang baik, dan sebagainya. Ada pula hal-hal yang menyebabkan sulitnya mengingat, yaitu kurangnya konsentrasi, dan seberapa kuat/ akurat informasi tersebut tertanam di otak. Hal itu juga dipengaruhi oleh diri sendiri, apabila kita menganggap suatu informasi itu penting, otakpun akan lebih mengingat informasi tersebut.
      Teknik menghafal ada berbagai cara. Kita dapat menggunakan teknik cerita, yaitu merangkaikan kata-kata menjadi cerita sehingga mudah diingat. Serta teknik lain yang bisa digunakan, seperti penggal kata, kata kunci, serta berbagai teknik lain. Ada juga teknik plesetan, teknik ini akan memudahkan kita mengingat suatu hal, karena akan kita ibaratkan menjadi suatu benda terhadap informasi itu. Kita tinggal memilih yang sesuai dengan kemampuan otak kita.
      Kualitas makanan yag dimakan akan berpengaruh terhadap kesehatan jasmani dan kinerja otak seseorang. Pola makan yang cerdas adalah memperhatikan kandungan garam dan gula dalam takaran yang sesuai. Kita sudah cukup tahu bahwa sumber utama energi itu terdiri dari lemak, protein, dan karbohidrat. Alpukat, keju, yoghurt, ikan tuna, bayam, pisang, gandum, susu, kentang, ikan salmon, kacang kedelai, telur, ayam, dan brokoli mampu memperbaiki fungsi otak. Sedangkan alkohol, pemanis buatan, makanan yang dibekukan, pewarna makanan buatan, serta nikotin tidak baik bagi perkembangan otak.
      “Bahan bakar” yang diperlukan otak adalah oksigen dan glukosa dalam jumlah yang cukup. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan otak, dari pada tidak olahraga sama sekali. Apabila kita belajar dengan mendengarkan musik, dapat melatih otak kanan dan kiri sekaligus. Disadari atau tiak, ternyata musik dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Musikpun memiliki banyak manfaat bagi kita.
      Bukan hanya musik, permainan otak pun dapat memperbaiki dan meningkatkna kekuatan otak. Seperti mengisi teka-teki silang, puzzle, sudoku, serta permainan olah otak lain sangat baik untuk otak kita. Scrabble juga bisa menjadi pilihan permainan. Biarkan otak kita belajar, namun juga perlu istirahat. Istirahat merupakan bagian terpenting dari fungsi mental dan tubuh.

No comments: