Friday 15 February 2013

memperbaiki nilai


Memperbaiki Nilai
By: Fina Idamatussilmi
Hai semua! Kalian sebagai pelajar pernah belum, mengalami nilai buruk? Jujur aja ya? Hehe.. aku kalau suruh jawab, jawabanku “pernah”. Nah, bagi yang belum semoga aja nggak pernah terjadi, dan buat yang pernah, kayak aku ini, ya untuk membenahinya baca dulu tips berikut:
1.     Intropeksi diri. Kita harus tahu, apa yang membuat nilai kita turun, apa penyebab dan mengapa hal itu bisa terjadi? Mungkin karena kita tidak belajar, atau hanya belajar dengan menggunakan sisitem kebut semalam? Wah, wah.. sistem kebut semalam ini, tidak baik untuk otak kita. Karena, otak kita jadi tertekan untuk menghafal dan memahami suatu materi atau bahkan banyak materi hanya dalam waktu satu malam saja. Atau  mungkin hal lain, seperti kurang banyak materi yang kita pelajari. Mungkin ini, karena soal yang keluar pada saat ulangan atau tes lain tidak semua ada di buku yang kita pelajari, makanya kita perlu belajar lebih banyak. Dan masih banyak penyebab menurunnya nilai.
2.    Mencoba cara baru. Cara baru ini digunakan untuk memperbaiki cara-cara sebelumnya yang membuat nilai kita kurang. Misalnya, apabila sebelumnya kita sehari hanya belajar 30 menit (belajar di rumah) hasilnya kita mendapat nilai 80. Apa cukup nilai 80? Pasti kalau bisa, lebih baik kita tingkatkan, iya ‘kan? Lalu kita coba cara baru, misal belajar 1 jam per hari. Hasilnya tentu akan beda.. iya kan? Tapi ini juga tergantung sama konsentrasinya kita.
3.    Selalu belajar. Usahakan setiap hari kita belajar. Ini penting, daripada hanya belajar setiap ada tes saja. Nah, kalau kita belajar tiap hari, mungkin kita akan lebih hafal dan memahami materi. Suatu hari, mungkin pernah mengalami “malas belajar”, hal ini terjadi bisa dari beberapa faktor. Bisa karena “acara TV yang bagus”. Tapi, kita juga harus sadar, untuk meningkatkan nilai, belajar tiap hari bro atau sis.
4.    Banyak latihan soal. Latihan soal ini penting, soalnya kita jadi tahu seberapa banyak atau sedikit soal yang dapat kita selesaikan setelah mendapat materi pelajaran.
5.    Punya target yang lebih tinggi. Maksudnya, misal target kita sebelumnya hanya “yang penting lulus KKM” tapi, cobalah membuat target yang lebih tinggi, mungkin “minimal nilai 90” atau target kalian yang lain. Ini perlu, supaya kita bisa berusaha mendapat dan melebihi target yang sudah kita tentukan.
6.    Motivasi diri. Kita harus memberi semangat pada diri kita, “kita pasti bisa!”. Dengan memotivasi diri, kita akan selalu berusaha dan pantang menyerah menggapai semua impian kita.
7.    Berdo’a. Di mana-mana, yang namanya ingin sukses, selain usaha pasti ada do’a. Do’a ini penting, tapi harus yang khusyu’ ya.. supaya bisa dikabulkan.
Mungkin, tips di atas terbilang sedikit, kalian bisa menambah atau mengembangkan tips untuk kalian dengan cara kalian sendiri supaya lebih enak ngejalaninnya. Makasih ya, udah nyempetin waktu buat baca tulisanku ini. Semoga berguna yaa J

No comments: